Selasa, 01 Juni 2010

PRODUK SAMPAH GARUT 9.072 KUBIK SETIAP HARI

Sedikitnya 9.072 kubik sampah rumah tangga dihasilkan setiap harinya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, atau rata-rata setiap kecamatan dari 42 kecamatan di daerah itu setiap hari memproduksi 216 kubik sampah.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (LHKP) Garut, Iwan Trisnadiwan mengatakan, jumat, cukup tingginya volume sampah yang dihasilkan tersebut, akibat kurangnya kesadaran masyarakat.

Hingga kini mereka umumnya tidak memahami penting serta perlunya menjaga dan memelihara kebersihan lingkungannya masing-masing, katanya.

Padahal masalah kebersihan dan persampahan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan tanggungjawab bersama, bahkan sepatutnya berpola hidup bersih dan sehat.

Sedangkan sarana kebersihan diantaranya tempat-tempat penampungan sampah di daerahnya, selama ini dinilai cukup memadai namun sebagian berkondisi tidak layak, ucapnya.

Kondisi tersebut diperparah jumlah armada truk pengangkut sampah hanya sebanyak 27 unit, sehingga hanya memadai untuk melayani lima wilayah kecamatan.

Ke lima wilayahn kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Karangpawitan serta Banyuresmi, sedangkan pelayanan pada wilayah kecamatan lainnya, selama ini hanya dikelola secara swadaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue