Jumat, 04 Juni 2010

Daur Sampah Plastik Jadi Gaun Pengantin

Sepasang gaun pengantin yang terbuat dari sampah plastik akan dipamerkan dalam pesta pernikahan di Cilacap, Jawa Tengah, pada 5 Juni. Uniknya, kedua calon pengantin akan mengenakan pakaian itu dalam perayaan tersebut.

Acara ini digelar Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) 'Bu Nandang' untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Menurut pengelola LKP, Erni Suhaina Ilzam Fadzry, bagian luar gaun terbuat dari kantong plastik. Sedangkan bagian dalamnya menggunakan kain spanduk bekas. Aksesorisnya pun menggunakan limbah yang tak berbahaya seperti kertas bekas, gelas air mineral, sedotan, dan keping compact disc (CD) bekas.

"Kami ingin menghadirkan pesta pernikahan ini sebagai kampanye pemanfaatan limbah tak berbahaya. Apalagi, sampah-sampah itu kerap menimbulkan masalah," kata Erni di Cilacap, Rabu (2/6). Erni mengaku pesta pernikahan ini mendapat dukungan dari Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

Erni mengatakan sempat beberapa kali terkendala mencari calon pengantin untuk kegiatan ini. Kendala itu terutama didapat dari orangtua calon pengantin. Mereka malu jika gaun yang digunakan anaknya terbuat dari sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue