Jumat, 04 Juni 2010

AS Hadapi Bencana Lingkungan Terburuk

Kebocoran minyak Teluk Meksiko bencana lingkungan paling buruk yang dialami oleh Amerika Serikat (AS), kata seorang pejabat senior. Penasihat energi Gedung Putih Carol Browner juga mengatakan Amerika Serikat ''bersiap untuk [menghadapi] skenario terburuk'' bahwa kebocoran mungkin belum teratasi hingga bulan Agustus.

Raksasa perminyakan asal Inggris, BP, yang menguasai sumur yang bocor, akan mencoba taktik baru setelah kegagalan upaya sebelumnya untuk menghentikan kebocoran, namun menyatakan tidak ada jaminan keberhasilan. Setelah tim teknis BP gagal menyumbat kebocoran, para pejabat Amerika mengatakan aliran minyak tak terkendali ke lautan kini bertambah sebanyak 20 persen.

Kepala operasi BP Doug Suttles mengatakan kalau pun upaya tersebut berhasil, itu hanya akan menghentikan sebagian besar kebocoran. Sedikitnya 20 juta galon minyak kini telah tumpah ke Teluk Meksiko dan tumpahan minyak itu menimpa lebih dari 110 km pesisir Louisiana. Sebelasan pekerja anjungan minyak tewas ketika Deepwater Horizon meledak dan tenggelam hampir enam pekan lalu.

Ketika berbicara di acara "Meet The Press NBC" dan dilansir "BBC", Browner mengatakan: ''lebih banyak minyak tumpah di Teluk Meksiko daripada (yang sudah terjadi) di masa lain dalam sejarah kita. Itu berarti jumlah minyak lebih banyak daripada bencana Exxon Valdez (di Alaska pada tahun 1989)."

Dia mengatakan, pihaknya mengharapkan rencana terbaru berhasil, tapi mengakui taktik itu langkah sementara dan sumur miring (relief well) yang saat ini tengah dibor mungkin akan menjadi solusi permanen. Namun, sumur itu baru akan siap paling cepat dua bulan lagi.

BP akan memanfaatkan robot bawah laut untuk mengiris pipa yang rusak dan membuat irisan yang rapi agar pipa bisa disambungkan dengan pipa lain. Dengan cara ini pipa yang bocor bisa disalurkan lewat pipa tersebut. Rencana ini memerlukan empat hari untuk persiapan.

Namun, BP mengatakan operasi ini belum pernah dilakukan pada ke dalaman 5.000 kaki (1.500m) dan ''kerberhasilan penggunaan sistem penanggulangan ini tidak bisa dijamin''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue