Rabu, 02 Juni 2010

Menyambut Hari lingkungan hidup sedunia 2010

Hari lingkungan hidup sedunia (World Environment Day) jatuh setiap tgl 5 juni, berarti dari sekarang tinggal 4 hari lagi, pada tahun 2010 ini mengangkat tema “many species, one planet, one future” . Tema WED kali ini berhubungan dengan pencanangan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity) dengan COP 10 Convention on Biological Diversity (CBD) di Nagoya,Jepang yang berlangsung pada 18-29 Oktober 2010. peringatannya WED sendiri akan dipusatkan dikota kigali ibukota rwanda sebuah negara di afrika timur.

Dalam satu planet yang sama, dan hanya dengan bersama-sama kita semua bisa menikmati masa depan yang lebih aman dan makmur. meskipun hari lingkungan hidup sedunia masih 2 minggu lagi, tidak ada salahnya kita memulai menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keragaman hayati,

jadi.. apa yang bisa lo lakuin saat ini, jangan ditunda lagi banyak kok hal positif yang bisa lo lakuin, contoh kecil nya aja bisa lo terapin dikehiduan sehari-hari dengan menerapkan 3R + repair (reduse,reuse,and recycle +repair)

Reduce berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Kurangi juga penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya.

Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti contohnya memberikan baju-baju bekas anda ke yatim piatu. Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan.

Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali. Daur ulang secara besar-besaran belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Tempat sampah yang membedakan antara organik dan non-organik saja tidak jalan. Malah akhirnya lebih banyak gerilyawan lingkungan yang melakukan daur ulang secara kreatif dan menularkannya pada banyak orang dibandingkan pemerintah.

Repair menjadikan 3R menjadi 4R. Repair memang banyak dilupakan oleh banyak orang, dan ini sebenarnya adalah hal yang terpenting di Indonesia. Repair adalah usaha perbaikan demi lingkungan. Contoh memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu jebol yang kita perbaiki karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru. Hal lain yang lebih besar adalah reboisasi atau perbaikan lahan kritis karena dengan ini kita bisa memiliki daerah resapan yang lebih besar dan menahan limpahan air yang bisa menyebabkan longsor. Penanaman bakau juga merupakan perbaikan lingkungan. Vulkanisir ban juga repair sehingga dapat kita reuse.

ayo kita bersama-sama rapatkan barisan mendukung dan melaksanakan berbagai program lingkungan hidup, untuk masa depan yang lebih baik.

dengan melakukan aksi bersih juga ikut mendukung program lingkungan hidup seperti aksi bersih gunung, aksi bersih sungai, dan danau, namun sayangnya kegiatan ini terkesan kurang didukung oleh pemerintah, hanya pemerhati lingkungan dan komunitas2 penggiat alam yang berperan aktif.

para musisi dan artis ikutan gencar mendukung aksi lingkungan dengan membuat lagu, seperti lagu krisis air yang dibawakan oleh kaka slank, sherina, dj anton, dwiki dharmawan dan nadine chandrawinata,

KRISIS AIR

ketika sungai2 kotor mata air terkontaminasi

ketika air tanah berlimbah jangan cuma diam

dan menunggu, berbuat lah untuk air

ketika sumu2 mengering, ketika bumi makin memanas

sumber kehidupan tak ada lagi

jangan cuma diam dan menunggu

penghematan, berhematlah untuk air

ketika kesegaran hilang, ketika kehausan datang

ketika kematian menjelang jangan cuma diam dan menunggu

berlarilah.. berlarilah untuk air

air air air.. ember kosong dicuri tenang dari tidurku

lagi-lagi bingkai mimpi kehilangan satu sudut

percuma aku bangun yang kulihat hanya bumi menangis sendu

air berteriak sampai kering detak jantung hutan berhenti

ditusuki ranting kering penyakit datang berakhir kematian

bukan karena perang tapi langkanya air bersih

kotori saja bumi kita biar senang mewariskan diri sendiri

habiskan sumber mata air kita buat cepat dunia binasa

apakah itu keinginan kita apa yang telah kita lakukan kepada bumi kita

sampai kapan?

aku butuh nafas untuk berhati bersih

bumi rindu penyelamat air kehidupan

apakah anda penyelamat itu

ayo beri air pada anak cucu, tapi bukan AIR MATA..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue