Selasa, 29 Juni 2010

Energi Biogas sebagai Energi Alternatif Minyak dan Gas

Dewasa ini persediaan minyak dan gas baik di Indonesia maupun di luar negeri hampir bisa dipastikan semakin hari semakin menipis. Hal ini jelas sangat membuat bingung para pelaku bisnis, khususnya pelaku bisnis di bidang industri. Karena migas sangat dibutuhkan sebagai bahan operasional penggerak mesin-mesin pabrik. Dampaknya adalah harga migas semakin hari semakin naik saja per barelnya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah energi alternatif lainnya untuk menanggulangi kelangkaan migas ini.

Baru-baru ini ditemukan sebuah energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan. Energi alternatif ini disebut biogas. Biogas merupakan energi yang sifatnya renewable karena bahan dasar pembuatan biogas adalah dari bakteri-bakteri yang berguna bagi manusia. Pemanfaatan biogas sudah banyak dilakukan di berbagai negara, sebut saja Cina, India, Afrika, dan Indonesia. Pemanfaatan biogas dapat digunakan di bidang industri maupun sebagai bahan bakar kebutuhan rumah tangga.

Saat ini terdapat ratusan unit biogas sederhana yang dipergunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat di pedesaan. Biogas merupakan salah satu cara yang paling baik untuk menangani permasalahan yang ditimbulkan oleh limbah organik seperti kotoran ternak dan limbah industri pemrosesan makanan. Keuntungan utama dalam pemanfaatan Biogas adalah perbaikan kualitas tanah pertanian melalui sistem rantai tertutup ekologis yang terpadu dengan sistem peternakan yang sehat dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue