Minggu, 04 Juli 2010

Obama Dorong Pembangunan PLTS


Presiden AS Barack Obama, Sabtu (3/7/2010), menggelontorkan dana hampir sebesar dua miliar dollar AS kepada dua perusahaan energi yang berkomitmen akan membangun pembangkit listrik tenaga surya di AS. Komitmen ini diperkirakan akan menciptakan ribuan peluang kerja di negara tersebut.

"Kita akan terus berjuang untuk meningkatkan perbaikan," ujar Obama ketika memberikan pidato mingguan di radio. "Kita akan tetap berjuang secara agresif untuk memastikan pekerjaan dan industri masa depan berakar di sini, di Amerika," ujar Obama.

Abengoa Solar, salah satu perusahaan tersebut, setuju untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Arizona, yang akan menciptakan 1.600 lapangan pekerjaan di bidang konstruksi. Ketika rampung nanti, pembangkit ini mampu menciptakan energi bersih bagi 70.000 rumah.

Sementara itu, perusahaan lainnya, Abound Solar Manufacturing, sepakat membangun dua pembangkit listrik, masing-masing di Colorado dan Indiana. Kedua pembangkit ini diperkirakan dapat menyerap 2.000 tenaga kerja, dan 1.500 lapangan kerja permanen. Pasalnya, pembangkit ini akan menghasilkan jutaan panel surya setiap tahunnya, kata pejabat Gedung Putih.

"Inilah yang beberapa hal yang kami sedang lakukan," kata Obama. Namun Obama menyadari bahwa langkah ini belum dapat menyerap seluruh angkatan kerja yang ada. Mantan senator Illinois ini mengatakan akan terus berjuang untuk itu.

Pengumuman ini dilakukan menyusul laporan soal tingkat pengangguran di AS yang mencapai 9,5 persen akibat imbas resesi ekonomi yang masih melanda negara tersebut. Obama mengatakan Amerika masih membutuhkan waktu untuk keluar dari resesi ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue