Jumat, 02 Juli 2010

Menyulap Limbah Pabrik Menjadi Boneka


Banyak limbah kain dari pabrik konveksi terbuang begitu saja di Mojokerto, Jawa Timur. Namun seorang warga bernama Suhar di Kauman, Mojokerto, kreatif dan peduli lingkungan berhasil memanfaatkannya menjadi aneka boneka dari kain perca. Saat ditemui di kediamannya, baru-baru ini, beberapa orang asik memilih dan memilah kain limbah, mengukur, memotong, dan menjahit hingga menjadi boneka.

Gagasan Suhar datang dari salah seorang anaknya yang bekerja di toko boneka. Dengan sedikit modal disertai keuletan, ia membuat sendiri boneka. Ia kemudian mencari kain limbah dari sebuah pabrik jaket berbahan kain. Selain boneka, Suhar juga membuat aneka asesoris dan hiasan kamar tidur. Berbagai karakter kartun yang digemari anak pun ia buat.

Selain didukung ketiga anaknya, Suhar mempekerjakan sejumlah tetangganya. Suhar menjual produknya mulai dari Rp 15 ribu untuk boneka kecil. Sedangkan untuk boneka besar ia jual hingga Rp 150 ribu per buah. Boneka kain perca Suhar kini menembus pasa di berbagai kota seperti Semarang, Malang, Surabaya, hingga ke Medan, Sumatra Utara dan sejumlah kota di Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gue

Gue